UNIKAMA- Pengembangan Produk Kopi Herbal Olahan Desa Inklusif oleh Mahasiswa Akuntansi Universitas PGRI Kanjuruhan Malang Guna Meningkatkan Kesejahteraan Kaum Disabilitas Di Desa Bedali Lawang Kabupaten Malang. HMPS Akuntansi UNIKAMA berkomitmen untuk memajukan Desa Bedali yang terletak di Kecamatan Lawang Kabupaten Malang dengan keikut sertaan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa atau yang lebih familiar sebagai PHP2D Pada tahun 2020. Salah satu dari sekian banyak program dari Kemendikbud. Pelaksanaan program ini oleh 16 mahasiswa/i Program Studi Akuntansi Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. Selama kurang lebih 6 bulan dari mulai pengajuan proposal, pembukaan kegiatan hingga penutupan kegiatan. Serta adanya dukungan oleh dosen pembimbing yaitu Bapak Mochamad. Fariz Irianto, SE., ME.

Desa Bedali yang merupakan lokasi objek dari kegiatan ini adalah daerah perbukitan dengan kondisi cuaca yang cocok dengan perkebunan. Hal ini memudahkan penanaman pohon kopi jenis robusta dan arabika. Kopi menjadi salah satu komoditas utama yang mempunyai oleh Desa Bedali. Kopi sendiri masih menjadi produk yang sangat memiliki peminat oleh pembeli tanpa ada pengolahan. Artinya terjual secara mentah, yang mengakibatkan harga jual lebih rendah karena belum menjadi suatu produk olahan.

Tujuan PHP2D yaitu memusatkan pada sumber daya manusia untuk menjadi profesional bukan hanya dalam hal budidaya namun juga dalam hal pengelolaan serta pemasaran hasil kopi, sehingga dapat meningkatkan kualitas biji kopi dengan menciptakan varian produk yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi dan mampu bersaing secara kompetitif. Sebelum melangkah pada proses pengelolaan kopi perlu mengadaan sosialisasi, pelatihan, dan pembinaan melalui proses pengelolaan kopi sampai tahap akhir pemasaran.

Objek dari kegiatan PHP2D ini merupakan Lingkar Sosial. Lingkar sosial merupakan suatu komunitas peduli penyandang disabilitas di Malang. Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS) merupakan salah satu organisasi yang terus mengkampanyekan kemandirian ekonomi melalui kewirausahaan sosial. Suatu Lingkar Sosial menjadi wadah bagi penyandang disabilitas untuk bisa terus berkembang dengan berbagai kegiatan seperti menfasilitasi kegiatan hobi, seperti seni musik, mendaki gunung, catur, kelas bahasa Inggris, dan lainnya. Artinya kebutuhan lapangan kerja dan sosialisasi terdapat di organisasi difabel penggerak inklusi ini. Pendiri serta ketua badan pembina saat ini adalah Bapak Kertaning Tyas. Dalam rangkaian kegiatan PHP2D Bapak Ken turut ikut serta aktif dan mendukung program ini.Sebelumnya Lingkar Sosial memiliki kegiatan usaha yaitu produk kopi. Produk kopi ini belum sepenuhnya sempurna, masih belum memiliki kemasan yang menarik, pangsa pasar juga hanya masyarakat sekitar saja. Hal ini menarik perhatian mahasiswa HMPS Akuntansi dalam peningkatan kualitas dari produk kopi yang di jual. Serta melakukan diferensiasi produk yaitu dengan menambahkan komponen jahe. Terlebih dalam kandungan jahe dapat menghangatkan tubuh di masa-masa Pandemi Covid-19.


Pengembangan Produk Kopi Herbal Olahan Desa Inklusif, kopi herbal, unikama, kampus swasta di malang, kopi herbal, kopi jahe, feb unikama, kkn tematik

Bukan hanya membekali peserta dengan pelatihan membuat kopi jahe saja, mahasiswa HMPS Akuntansi juga menyediakan alat-alat seperti oven, alat giling kopi, alat giling jahe, hand saeler, dan alat-alat penunjang lainnya. Mencarikan lokasi untuk pembelian bahan baku yang berkualitas. Serta membantu dalam perijinan PIRT dan hak merk dengan nama produk “Kopi Koerja”. Memberikan saran nama produk serta kemasan yang menarik, rapi dan higienis hingga cara memasarkannya.

Dalam proses kegiatan PHP2D mahasiswa HMPS Akuntansi dan juga kader dari Lingkar Sosial ikut serta dalam kegiatan workshop di Gedung Kartini. Workshop yang ada membahas banyak mengenai permodalan bagi UMKM yang ada di Malang. Hal ini sejalan dengan hadirnya usaha produksi kopi jahe yang sedang dirintis oleh Lingkar Sosial dalam kegiatan pemdampingan kemandirian penyandang difabel. Disana disediakan stan-stan untuk menjual produk-produk dari berbagai UMKM di kota Malang. Salah satunya Kopi Koerja. Kopi jahe olahan dari Lingkar Sosial dan mahasiswa HMPS Akuntansi Universitas PGRI Kanjuruhan Malang.

Adanya PHP2D yang telah terlaksana mampu untuk memajukan kreatifitas dari anggota Lingkar Sosial dalam mengelola hasil alam dengan menciptakan produk unggulan yaitu biji kopi yang memiliki daya jual yang tinggi dan berkualitas. Kegiatan tersebut dapat dijalankan secara berkelompok usaha dan menjadi sumber penghasilan tambahan bagi masyarakat setempat sehingga taraf hidup akan meningkat. Serta pelatihan dan pendanaan yang ada tidak berhenti begitu saja, tetapi terus berkembang dan berkelanjutan serta menjadi salah satu produk unggulan di kota Lawang.

Pengembangan Produk Kopi Herbal untuk Kesehatan – Program PHP2D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *