program kkn kewirausahaan-kampus di malang-kkn unikama-akuntansi unikama-kknt-kampus merdeka-lppmunikama

Program KKN Kewirausahaan – Salah satu kampus swasta di Malang yang melakukan kegiatan Tematik (KKN-T) ialah Prodi Akuntansi UNIKAMA, Akuntansi Unikama berkolaborasi dengan Prodi Teknik Informatika melakukan kegiatan sosialisasi dan pendampingan cara pembukuan keuangan sederhana pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Jatisari, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang, Senin (25/9). Kegiatan ini diadakan untuk membantu mengembangkan UMKM di Desa Jatisari, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang agar dapat lebih dikenal oleh banyak orang.

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh Mahasiswa Tematik (KKN-T) Prodi Akuntansi UNIKAMA berkolaborasi dengan Prodi Teknik di Desa Jatisari Kec. Tajinan Kab. Malang, salah satu permasalahan yang sedang terjadi pada saat ini khususnya bagi UMKM yang ada di Desa Jatisari adalah belum mengetahui strategi-strategi dalam hal pemasaran produk secara online. Hal tersebut yang mendasari Mahasiswa KKN Universitas Kanjuruhan Malang mengadakan sosialisasi pemasaran online bagi UMKM di Desa Jatisari Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang yang diselenggarakan pada hari Sabtu 25 September 2021.

Sosialisasi pemasaran online ini adalah salah satu program kerja Mahasiswa Tematik (KKN-T) Prodi Akuntansi UNIKAMA berkolaborasi dengan Prodi Teknik 2021 di desa Jatisari  yang  bertujuan untuk membantu UMKM di Desa Jatisari dalam memasarkan produknya lebih luas melalui sosmed yang dapat dengan mudah diakses melalui smartphone.

Kegiatan sosialisasi pemasaran online ini dihadiri oleh Dosen dari prodi Teknik Informatika sebagai pemateri sosialisasi yaitu Ibu Anggri dan Bapak Ahsan sebagai peserta sosialisasi dari masyarakat Desa Jatisari yang memiliki UMKM serta ibu-ibu kader PKK serta perangkat desa yang tempat pelaksanaannya bertempat Balai Desa Jatisari. Sosialisasi ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam hal memahami penggunaan aplikasi yang dapat digunakan untuk memasarkan produk-produk yang telah dihasilkan.

program kkn kewirausahaan-kkn tematik unikama-kkn unikama-unikama-kknt-kampus merdeka-lppmunikama

Selain pemasaran online, salah satu permasalahan yang seringkali terjadi pada pelaku UMKM adalah kurangnya pemahaman pembukuan dalam UMKM. Satu Tim KKN-T, Anggie Sofi mengatakan bahwa “kebanyakan pelaku usaha UMKM menganggap bahwa pembukuan keuangan tidak penting padahal hal ini sangat penting karena selain dapat mengontrol biaya operasional bisnis, pembukuan keuangan dapat digunakan untuk pengambilan keputusan yang dapat berpengaruh pada perkembangan usahanya” tuturnya. Dari permasalahan tersebut Kelompok KKN-T Akuntansi UNIKAMA menghampiri beberapa pelaku UMKM untuk mensosialisasikan bagaimana cara membuat pembukuan sederhana yang mudah dipahami.

Kami berharap dengan adanya bantuan yang telah diberikan dapat memudahkan dan meningkatkan pemasaran UMKM di Desa Jatisari meskipun pada masa pandemi ini. Tak hanya perihal UMKM saja, tetapi kami juga melaksanakan program kerja lainnya diantaranya, membantu kegiatan TPQ untuk mewujudkan desa yang sejahtera berbasis keimanan, membantu pelaksaan vaksinasi Desa Jatisari, bakti sosial penanaman bibit buah, pembuatan buku dan video profil desa, serta program kerja penunjang lainnya-https://unikama.ac.id/wp-signup.php?new=lppm

Program KKN Kewirausahaan – UNIKAMA Kembangkan UMKM Desa Jatisari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *